5 Gunung Di Jawa Tengah Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula Dengan Pemandangan Yang Menggiurkan - Sajak Aksara

5 Gunung Di Jawa Tengah Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula Dengan Pemandangan Yang Menggiurkan

Gunung Yang Cocok untuk pemula dengan pemandangan indah dan mempesona


Menjadi manusia di muka bumi menjadikannya sebagai makhluk yang rentan dengan kebosanan dan kelelahan akan hidup. Maka jika sudah merasakah hal tersebut, tidak lain dan tidak bukan jika perlu rehat atau sekedar melepas penat dengan berjalan jalan.

Untuk seorang pendaki pastinya akan berusaha menyempatkan diri menyambangi gunung gunung di Indonesia sebagai pelepas penat dari keseharian. Nah, untuk kalian yang mulai dan baru tertarik dengan dunia naik dan turun gunung ini perlu tahu gunung apa saja yang cocok buat didaki seorang pemula.

Sebagai pemula atau orang baru dalam dunia pendakian pasti akan mencari gunung dengan pemandangan terbaik sebagai kesan pertama dalam pendakian. Berikut ini adalah gunung gunung di Jawa Tengah yang cocok bagi seorang pemula dan pemandangan yang tidak kalah indah dengan gunung gunung lain.

1.      Gunung Telemoyo

Jika kalian adalah pemukim atau sedang berada di sekitar Jogja pasti akan kenal dengan gunung yang satu ini. Gunung Telemoyo berada di dua kabupaten sekaligus, Kabupaten Semarang dan juga Kabupaten Magelang.

Bagi kalian yang memang tidak suka atau bermalas malasan untuk jalan menanjak, maka gunung ini akan sangat cocok. Sebab jalurnya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor hingga puncaknya. Walau sebenarnya hal itu tidak etis untuk dilakukan.

Dengan ketinggian 1.894 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) membuatnya indah dalam menikmati sunrise ataupun sunset dengan latar pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang berada tepat disampingnya.

 

2.      Gunung Andong

Bagi segenap pendaki pemula ataupun yang sudah lama pasti akan kenal dengan gunung yang satu ini. Terletak bersampingan dengan Gunung Telemoyo di Kabupaten Magelang dengan titik Kluminasi 1.731 MDPL.

Gunung Andong memiliki dua puncak yang bersampingan, puncak Alap Alap dan Puncak Andong. Jika sedang dalam masa liburan atau tanggal merah, akan sangat ramai dengan pengunjung. Sampai sampai gunung ini dijuluki sebagai pasar seiring ramainya pendaki. Gunung ini akan cocok bagi kalian yang takut dengan kesepian.

Untuk pemandangan yang ditawarkan sendiri tidak kalah menarik dengan semegah Merbabu yang berada tepat disampingnya.

 

3.      Gunung Bismo

Gunung Bisma atau sering disebut sebagai Gunung Bismo berada dalam komplek daratan tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini terbilang baru bagi kalangan pendaki lama. Baru diresmikan pada 20 juli 2019 lalu untuk jalur silandak oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hingga sampai saat ini sudah ada banyak jalur yang dibuka untuk umum, maka sebagai pendaki pemula pilihlan jalur yang termudah dan aman, yaitu jalur atau via Sikunang. Berada di jajaran ketinggian Dieng Gunung Bismo membuat pemandangan diatas akan secantik tetangganya, Gunung Prau.

Memiliki ketinggian 2.365 MDPL. Dengan angka seperti itu akan menjadi level atas bagi setiap pendaki pemula. Tetapi tenang saja, jalurnya tetap aman dan bersahabat.

 

4.      Gunung Mongkrang

Sama halnya dengan Gunung Bismo yang baru saja dibuka untuk umum. Tetapi gunung yang satu ini hanya memiliki ketinggian 2.194, walaupun begitu tidak menjadikan kalian untuk meremehkannya.

Terletak di Kabupaten Karanganyar dan bersampingan dengan Gunung Lawu. Gunung ini sangat cocok bagi kalian pemula untuk menguji adrenalin dengan jalur yang lumayan menanjak. Tapi pemandangan yang akan disuguhkan sangatlah mempesona dengan latar Gunung Lawu tersebut.

 

5.      Gunung Ungaran

Untuk yang terakhir ini adalah Gunung Ungaran yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang. Memiliki ketinggian yang tidak jauh beda dengan gunung Mongkrang, 2.050 MDPL. Jalur pendakian yang baik untuk pemula adalah via Mawar.

Selain suguhan lautan awan diatas puncak, gunung Ungaran juga memiliki keunikan lainnya. Yaitu memiliki persemayam Dasamuka yang cantik. Mata kalian akan dimanjakan olehnya jika sudah berada di puncak.

 

Itu dia beberapa gunung yang cocok untuk pemula dalam versi Aksara. Bagi kalian yang benar benar baru akan mendaki gunung, jangan pernah bepergian ke gunung untuk merusak dan mengotorinya. Dan sangat disarankan untuk membawa orang yang sudah pernah dan berpengalaman dalam dunia pendakian agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Share:

3 komentar :

  1. Masya Allah indahnya negri ini sungguh beruntung kita tinggal diindonesia

    BalasHapus
  2. Suka iri kalau lihat orang mendaki, soalnya enggak pernah ngerasain sampai sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali-kali cobalah untuk mendaki. Dengan syarat bawalah teman yang berpengalaman mendaki gunung dan pilihlah gunung yang cocok untuk didaki pertama kali. Terimakasih sudah membaca, salam lestari dari saksara.

      Hapus

5 Gunung di Jogja yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Lengkap dengan Tipsnya

  Kamu sedang mencari gunung di jogja untuk pendaki pemula? Kamu bisa membaca artikel ini agar tahu apa saja rekomendasi yang bagus. Tulisan...

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes