Nekat Mendaki Ketika Hujan, Ini Tips Dan Triknya

Gambar diambil dari pixabay.com
pixabay.com/gununghujan

Ditengah penatnya kota yang terguyur hujan dari langit, masikah anda berpikiran untuk merilekskan diri ketempat wisata alam. Seperti mendaki gunung mungkin. Bukan menjadi mungkin lagi jika anda adalah seorang pendaki atau orang yang senang dengan kegiatan alam terbuka.

Walau hujan mengguyur dan anda masih nekat untuk melakukan pendakian ke gunung. Maka perlu diperhatikan plus minusnya. Bukan orang bodoh yang melakukan pendakian tanpa mengetahui ilmunya. Jangan pernah bertindak bodoh dengan kelakuan sendiri. Karena bahaya datang dari diri sendiri.

Ada banyak sekali cara atau tips dan trik mendaki ketika hujan, maka bacalah dengan baik baik hal dibawah ini jika memang anda bersikeras mendaki ketika hujan masih mengguyur.
1.      Pelajari Gunung Yang Akan didaki

Ini merupakan salah satu yang mesti dan perlu dilakukan seorang pendaki manakala akan mendaki gunung. Bukan saja ketika hujan, akan tetapi pada hari hari cerah sekalipun. Dengan mempelajari gunung tujuan seorang pendaki akan mengetahui banyak hal perihal gunung tersebut. Mulai dari jalur pendakian, pos posnya, medan pendakian hingga bahaya yang akan menerjang nantinya.

Perlunya pengetahuan pada setiap gunung yang didaki akan berdampak besar. Misalnya ketika hujan nanti, setiap pendaki akan tahu dimana pos yang ada shelter untuk berteduh ketika hujan melanda deras. Atau mengetahui dimana tempat memasang tenda yang baik dan aman ketika hujan.

2.      Perhatikan Kondisi Fisik

Jadilah pendaki yang baik untuk diri sendiri. Hanya diri sendiri yang sangat tahu dengan kapasitas fisik masing masing. Jangan terlalu memaksakan diri manakala ketahanan tubuh pada hujan tidak begitu baik yang dapat berdampak buruk pada diri sendiri. Jika tidak memungkinkan untuk mendaki dengan kondisi tubuh yang rentan dengan hujan, maka jangan pernah mencobanya.

3.      Membawa Barang Yang Diperlukan

Jika anda masih nekat juga untuk melakukan pendakian ketika hujan mengguyur, maka bawalah peralatan yang semestinya dibawa. Seperti jas hujan, cover bag, dan obat obatan yang mendukung ketika hujan. Pastikan barang yang dibawa adalah barang yang sangat diperlukan ketika hujan.

4.      Membungkus Tas Carrier Dengan Trash Bag

Jangan salah, yang dibungkus bukan dari isi luar tas carrier, akan tetapi dalaman tas carrier. Kegunaan trash bag atau kantong plastik besar itu adalah sebagai pelindung barang barang yang ada didalam dari hujan agar tidak basah. Dan pastikan anda memiliki cover bag untuk menutupi tas carrier dari bagian luar.

5.      Membungkus Semua Pakaian Dengan Kantong Plastik

Walaupun diluar dan didalam tas carrier sudah terlindungi dengan adanya trash bag dan cover bag. Maka untuk lebih aman lagi, bungkuslah seluruh pakaian yang gampang basah dengan kanotng plastik. Bukan hanya pakaian saja, akan tetapi barang barang lain yang rentan dengan air.

            Jadilah pendaki gunung yang baik dan adil bagi diri sendiri. Tidak ada yang tahu dengan bahaya apa nanti di atas gunung. Terlebih lagi ketika hujan mendera permukaan bumi. Akan sangat baiknya jika anda menunggu cuaca aman dan membaik untuk didaki. Mendaki ketika hujan juga sangat tidak direkomendasikan, selain ada banyak bahaya, pemandangannya juga akan berkabut dan itu pasti.

            Ingatlah, gunung tidak pernah pergi. Dia selalu ada untuk dijamah dengan baik, hanya manusia saja yang sering mendatangkan bahaya untuk dirinya sendiri.

            Untuk teman teman yang masih punya tips dan trik seputar pendakian ketika hujan, silahkan tulis dikolom komentar. Atau hanya sekedar bertukar pikiran, dipersilahkan.
Share:

Posting Komentar

Nekat Mendaki Ketika Hujan, Ini Tips Dan Triknya

pixabay.com/gununghujan Ditengah penatnya kota yang terguyur hujan dari langit, masikah anda berpikiran untuk merilekskan diri ketem...

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes